PT BPD Kaltim Kaltara atau yang
biasa disebut Bankaltimtara menerima dua penghargaan dalam "Anugerah Humas
Indonesia (AHI) 2019", yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia (PR
Indonesia Group), di halaman Balai Kota Tangerang, Jumat (30/8/2019).
Penghargaan
diserahkan oleh Founder dan CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan dan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang diterima oleh Direktur Utama
Bankaltimtara Zainuddin Fanani.
“Alhamdulillah, kami bangga dengan capaian ini. Penghargaan ini merupakan kerja bersama
seluruh unit Bankaltimtara dalam melaporkan
program dan capaian kinerja yang telah dikerjakan,” ungkap Zainuddin
Fanani didampingi Pemimpin Sekretariat Perusahaan Baharuddin Rivai.
Penghargaan
pertama yang diterima adalah Pemenang AHI 2019 Kategori Terpopuler di Media
Online, Sub Kategori BUMD. Khusus kategori ini, AHI menggandeng Indonesia
Indicator, sebuah perusahaan monitoring dan riset media
terkemuka di Indonesia. Adapun datanya dihimpun dari 3.100 media online nasonal sejak tanggal 1 Januari – 30 Juni 2019.
Seluruh data yang terkumpul kemudian
dianalisis secara kuantitatif dan real-time melalui mesin
Intelligence Media Management (IMM) berbasis artificial Intelligence. Adapun
penentuan pemenang berdasarkan kuantitas ekspos pemberitaan positif, dengan
mempertimbangkan konten pemberitaan yang dianalisis secara manual oleh tim media analyst Indonesia Indicator
Penghargaan
kedua, Silver Winner Kategori Best Leader Supporting PR & Communications, Sub Kategori BUMD. Kategori penilaian menitikberatkan pada PR sebagai fungsi manajemen strategis.
“Dari entri yang masuk, masih banyak
pemahaman bahwa direksi hanya memberikan instruksi kepada corporate communication (corcomm). Penyebabnya, karena
keberadaannya dianggap belum strategis. Seharusnya corcomm yang memberikan
masukan strategi komunikasi untuk disetujui oleh direksi,” ujar Maria Wongsonagoro, salah satu juri AHI 2019 yang juga sebagai PR INDONESIA Guru.
Dalam pandangan founder & CEO HUMAS INDONESIA Asmono Wikan, yang
turut menjadi juri, seluruh peserta yang telah mengikuti kompetisi AHI patut
mendapat apresiasi tinggi.
“Inisiatif mereka mengikuti AHI adalah
sebuah upaya serius untuk maju dan berprestasi. Itulah sebabnya patut dihargai
dan menjadi teladan bagi yang lain yang masih enggan mengukur kinerja
komunikasinya melalui ajang kompetisi seperti ini,” ujarnya.
Anugerah Humas
Indonesia (AHI) merupakan ajang kompetisi
kinerja humas pemerintah (Government Public Relations/GPR) yang diselenggarakan oleh HUMAS INDONESIA (media digital berbasis komunitas humas/GPR di
Indonesia, member of PR INDONESIA
Group).
AHI 2019 adalah barometer pencapaian tertinggi
kinerja Departemen/Biro/Bagian Humas/Dinas Kominfo sepanjang 2018.
Kehadiran kompetisi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya humas yang
strategis dan kontributif bagi reputasi positif segenap institusi publik dan
perusahaan milik Negara/Daerah.