Berita

Rabu, 04 September 2019

Bankaltimtara Raih Dua Penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019

PT BPD Kaltim Kaltara atau yang biasa disebut Bankaltimtara menerima dua penghargaan dalam "Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019", yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia (PR Indonesia Group), di halaman Balai Kota Tangerang, Jumat (30/8/2019).

 

Penghargaan diserahkan oleh Founder dan CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan dan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang diterima oleh Direktur Utama Bankaltimtara Zainuddin Fanani.

 

“Alhamdulillah, kami bangga dengan capaian ini. Penghargaan ini merupakan kerja bersama seluruh unit Bankaltimtara dalam melaporkan program dan capaian kinerja yang telah dikerjakan,” ungkap Zainuddin Fanani didampingi Pemimpin Sekretariat Perusahaan Baharuddin Rivai.

 

Penghargaan pertama yang diterima adalah Pemenang AHI 2019 Kategori Terpopuler di Media Online, Sub Kategori BUMD. Khusus kategori ini, AHI menggandeng Indonesia Indicator, sebuah perusahaan monitoring dan riset media terkemuka di Indonesia. Adapun datanya dihimpun dari 3.100 media online nasonal sejak tanggal 1 Januari – 30 Juni 2019.

 

Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan real-time melalui mesin Intelligence Media Management (IMM) berbasis artificial Intelligence. Adapun penentuan pemenang berdasarkan kuantitas ekspos pemberitaan positif, dengan mempertimbangkan konten pemberitaan yang dianalisis secara manual oleh tim media analyst Indonesia Indicator

 

Penghargaan kedua, Silver Winner Kategori Best Leader Supporting PR & Communications, Sub Kategori BUMD. Kategori penilaian menitikberatkan pada PR sebagai fungsi manajemen strategis.

 

Dari entri yang masuk, masih banyak pemahaman bahwa direksi hanya memberikan instruksi kepada corporate communication (corcomm). Penyebabnya, karena keberadaannya dianggap belum strategis. Seharusnya corcomm yang memberikan masukan strategi komunikasi untuk disetujui oleh direksi,” ujar Maria Wongsonagoro, salah satu juri AHI 2019 yang juga sebagai PR INDONESIA Guru.

 

Dalam pandangan founder & CEO HUMAS INDONESIA Asmono Wikan, yang turut menjadi juri, seluruh peserta yang telah mengikuti kompetisi AHI patut mendapat apresiasi tinggi.

 

“Inisiatif mereka mengikuti AHI adalah sebuah upaya serius untuk maju dan berprestasi. Itulah sebabnya patut dihargai dan menjadi teladan bagi yang lain yang masih enggan mengukur kinerja komunikasinya melalui ajang kompetisi seperti ini,” ujarnya.

 

Anugerah Humas Indonesia (AHI) merupakan ajang kompetisi kinerja humas pemerintah (Government Public Relations/GPR) yang diselenggarakan oleh HUMAS INDONESIA (media digital berbasis komunitas humas/GPR di Indonesia, member of PR INDONESIA Group).

 

AHI 2019 adalah barometer pencapaian tertinggi kinerja Departemen/Biro/Bagian Humas/Dinas Kominfo sepanjang 2018. Kehadiran kompetisi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya humas yang strategis dan kontributif bagi reputasi positif segenap institusi publik dan perusahaan milik Negara/Daerah.