Berita

Senin, 04 November 2019

Bankaltimtara Raih Penghargaan Insan PR INDONESIA 2019

Setelah melalui proses panjang mulai dari tahap seleksi sampai presentasi di hadapan dewan juri, tibalah pada puncak acara pengumuman pemenang Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #5, di Bali, Kamis (31/10/2019). Bankaltimtara berhasil meraih penghargaan Bronze Winner Insan PR INDONESIA 2019 untuk kategori General Manager PR.

 

Penghargaan ini diterima langsung oleh Pjs. Pemimpin Departemen Hubungan Korporasi Sayid Mohammad Hasan. Ia mengucapkan terima kasih kepada PR Indonesia dan semua pihak atas penghargaan yang diterima ini. Ia mengaku bahwa penghargaan ini merupakan bentuk kerja keras tim humas Bankaltimtara.

 

“Semoga dengan penghargaan ini, reputasi Bankaltimtara akan semakin meningkat. Ini merupakan bentuk kerja keras tim humas Bankaltimtara,” ucap Sayid Mohammad Hasan sesaat setelah menerima penghargaan.

 

Malam apresiasi dibuka oleh founder dan CEO PR INDONESIA Asmono Wikan. Menggunakan pakaian adat Bali, pria yang juga merupakan Sekjen Serikat Perusahaan Pers (SPS) ini menyapa sekitar lebih dari 200 tamu undangan yang hadir sore itu.

 

Di hadapan mereka, Asmono menyampaikan apresiasinya kepada para pelaku PR se-tanah air yang sudah menjalankan tugasnya dengan penuh komitmen, kreatif dan inovatif di tengah rintangan yang makin menantang.

 

“Tengok kembali kinerja humas, strategi dan taktik komunikasi Anda. Kepada para pemimpin institusi/lembaga/korporasi, berikan kesempatan kepada humas Anda, tempatkan mereka di posisi yang strategis,” imbuhnya.

 

JAMPIRO adalah agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh PR INDONESIA. Ajang yang fokus mengasah kompetensi dan memperluas jejaring praktisi humas/public relations (PR) terbesar se-Indonesia. JAMPIRO juga menjadi ajang apresiasi bagi para pelaku PR lintas generasi mulai dari mahasiswa sebagai calon penerus PR, pelaku PR usia mudia, usia matang, hingga para pemimpin yang sadar PR. Antara lain, PR INDONESIA Rookie Star Competition, ICON PR INDONESIA, Insan PR INDONESIA dan  PR INDONESIA Most Popular Leader di Social Media 2019. 

 

Untuk kompetisi Insan PR INDONESIA, dewan juri memutuskan 27 pemenang dari 64 praktisi PR dari seluruh Indonesia. Prosesnya sendiri terbagi dalam dua tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan babak presentasi yang dilaksanakan di Jakarta, Senin (14/10/2018). Adapun kategorinya terbagi enam. Yakni, kategori Manager PR, General Manager PR, Vice President PR, Kepala Biro Humas, Kepala Bagian Humas, dan Kepala Sub Bagian Humas. 

 

Dan hasilnya terobosan para peserta dalam menjalankan perannya sebagai PR menuai decak kagum dari ketiga dewan juri. Mereka adalah Jojo S. Nugroho, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI), Elizabeth Gunawan Ananto, founder International Public Relations Summit (IPRS), serta founder dan CEO PR INDONESIA Asmono Wikan.

 

Jojo mengatakan, meski dari sekian banyak peserta Insan PR INDONESIA tahun ini sedikit yang berlatar belakang Ilmu Komunikasi atau PR, di luar dugaan mereka memiliki kapabilitas sebagai seorang PR. Terbukti, mereka tidak hanya mampu menjalankan perannya dengan baik, tapi mampu melahirkan  inovasi dan ide-ide segar. 

 

Secara pribadi, Jojo mencari Insan PR yang tidak hanya mampu memberikan dampak bagi perusahaan/instansi, namun juga kepada seluruh stakeholder, bahkan bangsa dan negara. Untuk sampai ke sana, yang bersangkutan harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni. Sebab, dari komunikasi itulah mereka dapat menyusun strategi yang tepat. Mereka haruslah sosok yang haus belajar hal baru. 

 

Sementara Ega, sapaan karib Elizabeth Gunawan Ananto, kagum dengan prestasi para peserta terutama yang berkaitan dengan kegiatan managerial dan mendorong terjadinya perubahan sikap/perilaku. Juri Asmono menilai kualitas peserta tahun ini jauh lebih meyakinkan dari segi peningkatkan kualitas baik dari sisi wawasan, kewenangan hingga kompetensi.