PayKaltimtara adalah aplikasi pembayaran dan/ atau pembelian berbagai layanan
Biller secara elektronik dengan menggunakan Uang Elektronik SpeedCash.
PT Bimasakti Multi Sinergi adalah penerbit
uang elektronik SpeedCash, serta pemegang hak milik dan pengelola sistem
pembayaran elektronik Aplikasi PayKaltimtara.
Pengguna PayKaltimtara adalah orang perorangan atau badan hukum, dan telah melakukan
registrasi akun PayKaltimtara melalui
aplikasi PayKaltimtara yang telah di Download melalui Google Play
Store dan/ atau melalui website PayKaltimtara.
PIN (Personal Identification Number)
adalah nomor identifikasi pribadi yang wajib digunakan Pengguna PayKaltimtara setiap kali melakukan Transaksi pada Aplikasi/ Akun PayKaltimtara miliknya.
Top Up Saldo adalah aktivitas menambah/
memasukkan/ mengisi deposit Uang Elektronik SpeedCash pada Aplikasi/ Akun
PayKaltimtara melalui beberapa metode antara lain, transfer
bank, transfer sesama Pengguna PayKaltimtara, transfer
melalui Virtual Account (VA), top up via gerai ritel (minimarket), atau
pun melalui media lain yang disediakan PT Bimasakti Multi Sinergi.
Virtual Account adalah nomor identifikasi
Pengguna PayKaltimtara yang dibuka oleh Bank pada saat mendaftar
layanan PayKaltimtara, untuk dipergunakan Top Up Uang
Elektronik/Saldo SpeedCash pada Aplikasi/Akun PayKaltimtara.
Broadcast Message adalah pesan singkat dalam
bentuk teks yang dikirimkan oleh sistem PayKaltimtara secara otomatis ke Pengguna PayKaltimtara yang hanya
memuat penawaran - penawaran promo dan iklan berikut link Saluran Resmi PayKaltimtara(website resmi PayKaltimtara), tanpa
memuat permintaan data pribadi dan data login (Nomor handphone, PIN dan
OTP) aplikasi milik pengguna PayKaltimtara.
Transaksi adalah transaksi yang dilakukan
oleh Pengguna PayKaltimtara menggunakan Akun PayKaltimtara miliknya antara lain: Pembayaran, Transfer dan Tarik Tunai, TOP-UP
E-money, Pembayaran Tagihan Bulanan (manual/auto debit), Pembelian pulsa,
Paket Data & Voucher Game, Pembelian Tiket Transportasi, Pengiriman
Barang, Penjualan Barang dan transaksi lain sesuai Ketentuan Penggunaan
Aplikasi PayKaltimtarayang diatur dalam Terms & Conditions ini.
Ketentuan Penggunaan adalah Ketentuan
Penggunaan Aplikasi PayKaltimtara milik PT
Bimasakti Multi Sinergi yang diatur selanjutnya dalam Terms &
Conditions ini.
REGISTRASI PayKaltimtara
Setiap orang dapat mendaftarkan diri menjadi
Pengguna PayKaltimtara dapat memperoleh Akun PayKaltimtara dengan cara mengunduh (download) aplikasi PayKaltimtara melalui google playstore menggunakan ponsel dengan sistem operasi
Android, melalui Website Resmi PayKaltimtara, kemudian
melakukan registrasi dengan memasukkan data yang diperlukan seperti nama,
nomor handphone, dan alamat email pada aplikasi Pengguna
PayKaltimtara.
Registrasi Akun PayKaltimtara hanya dapat dilakukan melalui Saluran Resmi PayKaltimtara sebagaimana dimaksud poin 1. Registrasi yang dilakukan diluar
Saluran Resmi PayKaltimtara bukan merupakan tanggung jawab PT Bimasakti
Multi Sinergi.
Untuk menggunakan fitur payment pada Aplikasi
PayKaltimtara, Pengguna PayKaltimtara harus terlebih dahulu melakukan Top Up Uang Elektronik/ Saldo
SpeedCash pada Aplikasi/ Akun PayKaltimtara, melalui
transfer ke rekening bank yang tampil pada aplikasi, transfer sesama
Pengguna PayKaltimtara, Virtual Account (VA), top up via gerai
ritel (minimarket) atau sarana pembayaran lain yang ditentukan oleh PayKaltimtara.
KETENTUAN PENGGUNAAN
Pengguna PayKaltimtara wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik sendiri, dan
Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak
lain menjadi tanggung jawab Pengguna PayKaltimtara sepenuhnya.
Setiap Pengguna PayKaltimtara dapat melakukan penggantian nomor ponsel yang terdaftar pada akun PayKaltimtara miliknya dengan tata cara sebagaimana yang telah diatur dalam
Standar Operasional Prosedur PayKaltimtara yang
disampaikan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi kepada Pengguna PayKaltimtara melalui Saluran Resmi PayKaltimtara.
Penggantian nomor ponsel hanya dapat
dilakukan setelah PT Bimasakti Multi Sinergi melakukan proses verifikasi
terhadap data - data pemohon, dan apabila PT Bimasakti Multi Sinergi
menemukan ketidaksesuaian data yang diperlukan terkait dengan penggantian
nomor ponsel, maka PT Bimasakti Multi Sinergi berhak menolak permohonan
tersebut.
Segala permohonan, verifikasi dan persetujuan
penggantian nomor ponsel hanya boleh dilakukan melalui Saluran Resmi PayKaltimtara.
Pengguna PayKaltimtara bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel yang
terdaftar dan segala aktivitas transaksi pada akun PayKaltimtara miliknya.
Pengguna PayKaltimtara wajib melakukan peningkatan versi (update) aplikasi PayKaltimtara.
Setiap kegagalan transaksi dan/atau kegagalan
fungsi fitur dan/atau kerentanan keamanan akun member PayKaltimtara yang timbul atas penggunaan aplikasi yang belum dilakukan
peningkatan versi aplikasi (update) bukan merupakan tanggung jawab PT
Bimasakti Multi Sinergi
PT Bimasakti Multi Sinergi dan segala pihak
yang terafiliasi dengannya tidak pernah mengirimkan permintaan PIN
dan/atau OTP milik Pengguna PayKaltimtara baik secara
tertulis maupun secara lisan baik melalui Saluran Resmi PayKaltimtara atau media lain.
Pengguna PayKaltimtara wajib menjaga kerahasiaan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas
penggunaan PIN dan OTP miliknya.
Pengguna PayKaltimtara akan dikenakan biaya pengiriman SMS untuk setiap transaksi yang
memerlukan SMS seperti proses registrasi dan verifikasi, dengan besaran
biaya SMS sesuai dengan ketentuan masing - masing Operator Seluler.
Dalam hal Pengguna PayKaltimtara kehilangan akses ke akun PayKaltimtara miliknya,
maka Pengguna PayKaltimtara wajib mengajukan pengaduan PT Bimasakti Multi
Sinergi melalui Saluran Resmi PayKaltimtara dan akan
ditindaklanjuti dengan pemblokiran oleh PT Bimasakti Multi Sinergi
terhadap akun PayKaltimtara miliknya.
Atas pengaduan yang diajukan, Pengguna PayKaltimtara berhak mendapat tanda terima pengaduan dan informasi tindak lanjut
atas pengaduan tersebut dari Saluran Resmi PayKaltimtara ke email Pengguna.
Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan
hingga PT Bimasakti Multi Sinergi menerima pengajuan pembukaan
pemblokiran atas akun PayKaltimtara melalui
Saluran Resmi PayKaltimtara dan telah melalui proses verifikasi ulang.
Setiap Transaksi yang dilakukan pada Akun PayKaltimtara menjadi tanggung jawab Pengguna PayKaltimtara sepenuhnya, sepanjang PT Bimasakti Multi Sinergi belum menerima
laporan dari Pengguna PayKaltimtara sebagaimana
dimaksud pada poin 11 (sebelas).
Dalam hal terjadi perbedaan antara Laporan
Transaksi dan Laporan Mutasi pada Aplikasi PayKaltimtara miliknya, maka yang menjadi acuan transaksi adalah Laporan Mutasi.
Pengguna PayKaltimtara wajib melakukan Verifikasi dalam terjadi perbedaan sebagaimana
disebutkan pada poin 14 dengan cara menghubungi Saluran Resmi PayKaltimtara.
PT Bimasakti Multi Sinergi berhak melakukan
koreksi atas Uang Elektronik/Saldo SpeedCash pada Aplikasi/Akun PayKaltimtara jika terjadi kesalahan posting (pencatatan).
Pengguna PayKaltimtara dapat mengajukan permohonan penutupan akun PayKaltimtara miliknya melalui Saluran Resmi PayKaltimtara dan PT Bimasakti Multi Sinergi berhak mengabulkan atau menolak
permohonan tersebut berdasarkan hasil verifikasi. Selama PT Bimasakti
Multi Sinergi tidak/belum menerima permohonan penutupan akun PayKaltimtara dari Pengguna, maka segala transaksi yang terjadi atas akun
tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna PayKaltimtara sepenuhnya.
PT Bimasakti Multi Sinergi akan mengembalikan
sisa Uang Elektronik/Saldo SpeedCash pada Aplikasi/Akun PayKaltimtara yang permohonan penutupannya telah dikabulkan ke nomor rekening
yang ditunjuk oleh pemilik akun selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja.
Pengguna PayKaltimtara menyetujui dan memberikan hak kepada PT Bimasakti Multi Sinergi
untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau
ditransmisikan oleh ponsel dan/atau yang digunakan Pengguna PayKaltimtara serta berhak untuk menginformasikan nama, ID Akun PayKaltimtara, dan/atau data Transaksi Pengguna PayKaltimtara kepada pihak lain yang terkait dengan Transaksi yang dilakukan
oleh Pengguna PayKaltimtara.
Dengan membuka dan menggunakan PayKaltimtara, maka Pengguna PayKaltimtara tunduk dan menyetujui
Ketentuan ini dan ketentuan lainnya yang mengatur mengenai Transaksi. PT
Bimasakti Multi Sinergi berhak untuk mengubah Ketentuan ini dan ketentuan
terkait Transaksi yang akan diberitahukan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi
dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang
berlaku.
PENANGANAN KELUHAN
(PENGADUAN)
Keluhan/pengaduan kepada PT Bimasakti Multi
Sinergi terkait Aplikasi PayKaltimtara hanya dapat
diajukan oleh Pengguna PayKaltimtara melalui
Saluran Resmi PayKaltimtara milik PT Bimasakti Multi Sinergi sebagaimana
yang tertera dalam ketentuan ini, dan untuk penanganan keluhan/pengaduan
tersebut, PT Bimasakti Multi Sinergi berhak meminta Pengguna PayKaltimtara untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna PayKaltimtara dan dokumen pendukung lainnya.
PT Bimasakti Multi Sinergi akan menanggapi
keluhan Pengguna PayKaltimtara sesuai dengan
ketentuan hukum yang berlaku.
PENYELESAIAN SENGKETA
Pengguna PayKaltimtara setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang
timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan ini antara
Pengguna PayKaltimtara dengan PT Bimasakti Multi Sinergi akan
diselesaikan dengan cara musyawarah.
Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat
yang tidak dapat diselesaikan, baik secara musyawarah dan/atau mediasi
sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, akan diselesaikan melalui
Pengadilan Negeri Sidoarjo, dengan tidak mengurangi hak PT Bimasakti
Multi Sinergi untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan
Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.